Kamis, 24 Juli 2008

Jika Anda Meninggal, Akan Kemanakah Anda ?

Jika Anda Meninggal Akan Kemanakah Anda ?

By St.K.M.Sinaga *


Jika Anda sekarang ditanya : sekiranya besok atau lusa atau sebentar lagi Anda akan mati, akan kemanakah Anda ? Bagi yang tidak pernah memikirkannya atau mempersiapkan diri menghadapi kematian, pertanyaan itu mungkin terdengar tidak enak. Sebagian yang lain akan merasa tersentak ketika pertanyaan itu diajukan dan jawabanpun bermacam-macam . Ada yang menjawab : tidak tahu. Ada yang menjawab : ke kuburan. Ada lagi yang menjawab : finished atau selesai dan tidak ada sambungannya. Dan lain-lain jawaban lagi.

Tapi marilah kita merenungkan beberapa poin berikut Yang pertama, suatu waktu manusia akan meninggalkan dunia ini. Hidup manusia di dunia ini hanya untuk jangka waktu terbatas. Ini adalah sebuah keniscayaan. Maka suka atau tidak, siap atau tidak, pertanyaan diatas akan tetap up to date, senantiasa aktual untuk diajukan kepada siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Yang kedua, setiap orang betapapun kecil iman kepercayaannya, bahkan sekalipun ia tidak mengakui adanya Tuhan (atheis), namun jika ia berada dalam bahaya maut, pasti ia berteriak minta tolong. Nah, teriakan minta tolong itu, yang spontan, yang keluar dari mulutnya tanpa berpikir, sesungguhnya itu adalah serupa dengan doa! Itu berarti ia mengakui adanya Tuhan yang berkuasa atas hidupnya dan adanya Tuhan pencipta segalanya. Dan memang benar, manusia merupakan ciptaan tertinggi dari segala ciptaan Tuhan. Alkitab, semua agama dan budaya mengajarkan demikian. Namun, manusia yang diciptakanNya itu harus bersiap-siap menghadapi adanya kekekalan setelah kematian.

Yang ketiga, pilihan sekarang ada ditangan Anda. Cara mati manusia bisa saja berbeda satu sama lain. Ada yang mengalami kematian melalui penyakit, ada melalui kecelakaan dan lain sebagainya. Namun apapun cara mati manusia itu, ia akan menuju pada suatu tempat kekekalan. Ada 2 tempat kekekalan setelah manusia itu mati, yaitu sorga dan neraka (maaf tidak ada tempat ketiga atau tempat lainnya)

Sorga adalah tempat Tuhan Allah yang kudus dan suci. Tidak akan masuk kesitu segala sesuatu yang najis atau orang yang melakukan kekejian atau dusta. Yang masuk kesitu hanya mereka yang tertulis namanya dalam Kitab Kehidupan Anak Domba Allah atau Yesus Kristus. Dan maut, ratap tangis dan duka cita tidak ada lagi disana. Yang ada disana hanya suka cita bersama dengan Allah untuk selama-lamanya1)

Sedangkan neraka adalah tempat iblis/setan bersama malaikat-malaikatnya serta manusia yang telah disesatkan iblis. Manusia yang tidak mau mengenal Allah dan mentaati Injil Yesus akan ada disana. Manusia akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, yaitu setiap orang yang tidak ditemukan namanya dalam Kitab Kehidupan. Disitu ada lautan api sebagai tempat penyiksaan 2)

Maka jika nanti Anda meninggal akan kemanakah Anda ? Ada sebagian besar orang tiak tahu kemana dia akan pergi setelah mati, kemana dia akan masuk setelah dia mati. Hal itu yang membuat mereka segan meninggalkan dunia ini atau dengan kata lain mereka takut akan kematian. Membicarakan soal kematian pun menjadi tabu bagi mereka. Mereka mau tetap tinggal di dunia ini pada hal itu sesuatu yang tidak mungkin. Sebab ketetapan Allah tak dapat dirubah, dimana suatu waktu, cepat atau lamba, manusia itu harus meninggalkan dunia ini. Akan kemanakah Anda ?

Yang keempat, jika sekarang pertanyaan itu diajukan kepada saya, maka saya akan tegas menjawab : ke sorga! Dan kalau didesak atau ditanya lagi, dari mana saya tahu bahwa saya pasti ke sorga dan apakah ada yang menjamin ? Maka jawaban saya : ya ada yang menjamin, yaitu Yesus Kristus. Dialah Juru Selamat yang dalam Al-Quran disebut namanya Isa Almasih, yang dalam Kitab Taurat disebut namanya Joshua Hamasiah. Dia satu-satunya nabi yang suci, penuh dengan mujizat-mujizat dan mempunyai kedudukan yang paling tinggi baik di sorga maupun di bumi. Segala kuasa baik di bumi maupun di sorga telah diberikan oleh Allah kepadaNya 3). Hanya Dia, diantara nabi-nabi lain yang mengatakan : Akulah jalan, hidup dan kebenaran. Tidak ada seorangpun yang akan masuk ke sorga jika tidak melalui Aku 4)

Yang kelima, Yesus itu adalah Kasih. Dia mengundang setiap orang untuk datang kepadaNya supaya manusia tu tidak mati binasa. Statement Firman Allah dalam Alkitab mengatakannya : ' Karena demikian besar kasih Allah terhadap dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan AnakNya yang tunggal (Yesus), supaya barang siapa percaya kepadaNya tidak mati binasa, melainkan memperoleh hidup yang kekal ' 5)

Sekarang gantilah statement terseut dengan memasukkan nama Anda, sehingga berbunyi : Karena demikian besar kasih Allah terhadap manusia yang menghuni dunia ini, termasuk K.M.Sinaga (sebutkan nama Anda), sehingga Ia mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya K.M.Sinaga (sebutkan nama Anda) yang percaya kepadaNya tidak mati binasa, melainkan memperoleh hidup yang kekal di sorga bersama Yesus Kristus.

Dengan adanya kepastian keselamaan hidup melalui Yesus Kristus maka sorga menjadi tempat yang Allah sediakan bagi saya dan Anda. Dari itu, terimalah Yesus Kristus sekarang juga sebagai Tuhan dan Juru Selamat hidupmu jika soga ingin menjadi tempat piliha Anda setelah mati.


* St.K.M.Sinaga adalah pendiri Bumi Asih Jaya Group.

Catatan : 1) Wahyu 21 : 3,4 & Wahyu 21 : 27
2) II Tesalonika 1 : 7b-9 & Wahyu 20 : 15
3) Matius 28 : 18-20
4) Yohanes 14 : 6
5) Yohanes 3 : 16
Al-Quran
Surah 19 : 19 ; 5 : 110
3 : 45 ; 3 : 49

Tidak ada komentar: